Akidah Akhlak Kelas IV MI

Posted by : Unknown | Rabu, 21 Januari 2015 | Published in



MINGGU EFEKTIF, MINGGU TIDAK EFEKTIF, PROTA, PROMES,
SILABUS DAN RPP


RINCIAN MINGGU EFEKTIF

SEKOLAH       :  MI Al-Ikhlas
MAPEL            :  Akidah Akhlak
Kelas/Semester :  IV/I ( Ganjil )
Tahun Ajaran  :  2014/2015

Banyaknya Minggu Efektif Semester I ( Ganjil )
No.
Bulan
Jumlah
Minggu
Hari
1
Juli
0
0
2
Agustus
5
24
2
September
5
26
3
Oktober
5
26
4
November
5
25
5
Desember
1
4

RINCIAN MINGGU TIDAK EFEKTIF

SEKOLAH       :  MI Al-Ikhlas
MAPEL            :  Akidah Akhlak
Kelas/Semester :  IV/I ( Ganjil )
Tahun Ajaran  :  2014/2015

Banyaknya Minggu Tidak Efektif Semester I ( Ganjil )
No.
Bulan
Jumlah
Keterangan
Minggu
Hari
1
Juli
3
16
Awal Masuk Sekolah,
Libur Idul Fitri
2
Agustus
1
2
Libur Hari Raya Idul Fitri
3
September
0
0

4
Oktober
1
1
Libur Tahun Baru Hijriyah
5
November
0
0

6
Desember
3
14
Ujian Semester Gasal,
Libur Semester Ganjil

Jumlah
8
33















PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Akidah Akhlak
Satuan Pendidikan : MI Al-Ikhlas
Tahun Pelajaran     : 2014/2015
Kelas                        : IV

Smt
No
Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Keterangan
1
1




2



3


4





5
Memahami kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
1.1  Mengenal Allah melalui kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)

Memahami asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
2.1  Mengenal Allah melalui asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)

Beriman kepada kitab-kitab Allah
3.1  Mengenal kitabkitab Allah

Membiasakan akhlak terpuji
4.1  Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan seharihari
4.2  Membiasakan sikap sabar dan tabah dalam
menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah

Menghindari akhlak tercela
5.1  Menghindari akhlak tercela melalui kisah Sa’labah

Ulangan harian






      
J U M L A H


               
Mengetahui                                                                                                       Semarang, 21 September 2014
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mapel Akidah Akhlak


M. Selamet, S.Pd.I                                                                  M. Fais Lathiful Anam
NIP : ...............................                                                                            NIP : .................................






PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
MATA PELAJARAN    :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
KELAS / SEMESTER   :     IV (Empat) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi       :     1.  Memahami kalimat tayibah (innalillahi wa inna ilaihi roji‘un)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
AW
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
1.1 Mengenal Allah
melalui kalimat
tayibah (innalillahi
wa inna ilaihi
roji‘un)
·      Mampu memahami pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·      Mampu menjelaskan pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·      Mampu membiasakan ucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) pada saat yang sesuai
·     Mampu memahami hikmah mengucapkan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
Kalimat
tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)























Standar Kompetensi : 2. Memahami asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
AW
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2.1 Mengenal Allah melalui asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu memahami asmaul husna (al ‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu menjelaskan
sifat-sifat Allah dalam asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu membiasakan asmaul husna (al ‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam) dalam kehidupan seharihari
·  Mampu memahami
hikmah beriman kepada asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
Asmaul husna
(al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)























Standar Kompetensi : 3. Beriman kepada kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
AW
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
3.1 Mengenal  kitab-kitab Allah
·    Mampu memahami iman kepada kitab-kitab Allah
·    Mampu menjelaskan beriman kepada kitab-kitab Allah
·    Mampu membiasakan sikap iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
·    Mampu memahami hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah
Beriman kepada kitab-kitab Allah























Standar Kompetensi : 4. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
AW
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
4.1 Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari dan patuh dalam kehidupan seharihari
·  Mampu memahami akhlak terpuji  (hormat dan patuh)
·  Mampu menjelaskan tentang hormat dan patuh
·  Mampu membiasakan hormat dan patuh kehidupan sehari-hari
Hormat dan patuh






















4.2  Membiasakan sikap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
  Mampu memahami
hikmah dari perilaku hormat dan patuh
  Mampu memahami
tentang sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
  Mampu menjelaskan tentang sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
  Mampu membiasakan sabar dan tabah dalam
menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah dalam kehidupan sehari-hari
·      Mampu memahami hikmah sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
Kisah Masyitah
(sabar dan tabah dalam menghadapi
cobaan)























Standar Kompetensi : 5. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
AW
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
5.1 Menghindari akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
·  Mampu memahami
akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
·  Mampu menjelaskan akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
·  Mampu menghindari
akhlak tercela melalui kisah Sa’labah dalam kehidupan seharihari
·  Mampu memahami
hikmah kisah Sa’labah
Akhlak tercela (Sa’labah)





























SILABUS AKIDAH AKHLAK

Nama Sekolah           : MI Al-Ikhlas
Kelas/Semester          : IV/1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Standar Kompetensi : 1. Memahami kalimat tayibah (innalillahi wa inna ilaihi roji‘un)
Kompetensi Dasat
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat
tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
Kalimat
tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·  Mampu memahami pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·  Mampu menjelaskan pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·  Mampu membiasakan ucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) pada saat yang sesuai
·  Mampu memahami hikmah mengucapkan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
·     Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un), waktu pengucapannya, serta hikmahnya dari guru.
·     Siswa melakukan tanya jawab tentang pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un), waktu pengucapannya, serta hikmahnya dengan guru.
·     Siswa menjelaskan pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un), waktu pengucapannya, serta hikmahnya secara mandiri (di depan kelas disaksikan temanteman dan guru).
·     Siswa mempraktikkan
pengucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) dengan benar.
Tugas individual dan tugas kelompok dengan unjuk kerja, tes lisan, serta tes tertulis
4 jam pelajaran 2× pertemuan
·  BukuMembina Akidah dan Akhlak MI Kelas IV terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
·  Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
·  Buku-buku lain yang relevan
·  Video kisah-kisah islami yang relevan dengan materi











Standar Kompetensi : 2. Memahami asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
Kompetensi Dasat
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat
2.1    Mengenal Allah melalui asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
Asmaul husna
(al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu memahami asmaul husna (al ‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu menjelaskan
sifat-sifat Allah dalam asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Mampu membiasakan asmaul husna (al ‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam) dalam kehidupan seharihari
·  Mampu memahami
hikmah beriman kepada asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam)
·  Siswa mendengarkan penjelasan tentang sifat sifat Allah dalam asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam).
·  Siswa melakukan tanya jawab tentang sifat-sifat Allah dalam asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan aloakam).
·  Siswa menjelaskan sifat-sifat Allah dalam asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-‘ Adlu, dan al-oakam).
·  Siswa mampu menerapkan keimanan kepada asmaul husna (al-‘Azrm, al-Hwdr, al-
‘ Adlu,
dan al-oakam) dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas individual
dan tugas kelompok dengan unjuk kerja, tes lisan, serta tes tertulis
8 jam pelajaran 4× pertemuan
·  BukuMembina Akidah dan Akhlak MI Kelas IV terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,
Solo
·  Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
·  Buku-buku lain yang relevan
·  Video kisah-kisah islami yang relevan dengan materi

Standar Kompetensi : 3. Beriman kepada kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasat
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat
3.1    Mengenal  kitab-kitab Allah
Beriman kepada kitab-kitab Allah
·  Mampu memahami iman kepada kitab-kitab Allah
·  Mampu menjelaskan beriman kepada kitab-kitab Allah
·  Mampu membiasakan sikap iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
·  Mampu memahami hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah
·  Siswa mendengarkan penjelasan tentang iman kepada kitab-kitab Allah.
·  Siswa melakukan tanya jawab tentang iman kepada kitab-kitab Allah.
·  Siswa menjelaskan tentang iman kepada kitab-kitab Allah.
·  Siswa beriman kepada kitabkitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas individual
dan tugas kelompok dengan unjuk kerja, tes lisan, serta tes tertulis
6 jam pelajaran 3× pertemuan
·  BukuMembina Akidah dan Akhlak MI Kelas IV terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
·  Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
·  Buku-buku lain
yang relevan
·  Video kisah-kisah
islami yang relevan dengan materi






Standar Kompetensi : 4. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi Dasat
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat
4.1    Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari dan patuh dalam kehidupan seharihari
Hormat dan patuh
  Mampu memahami akhlak terpuji  (hormat dan patuh)
  Mampu menjelaskan tentang hormat dan patuh
  Mampu membiasakan hormat dan patuh kehidupan sehari-hari
         Siswa mendengarkan penjelasan tentang akhlak terpuji (hormat dan patuh).
         Siswa melakukan tanya jawab tentang perilaku hormat dan patuh.
         Siswa menjelaskan perilaku hormat dan patuh.
         Siswa berperilaku hormat
dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas individual
dan tugas kelompok dengan unjuk kerja, tes lisan, serta tes tertulis
10 jam pelajaran 5× pertemuan
·  BukuMembina Akidah dan Akhlak MI Kelas IV terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
·  Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
·  Buku-buku lain
yang relevan
·  Video kisah-kisah
islami yang relevan dengan materi
4.2    Membiasakan sikap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
Kisah Masyitah
(sabar dan tabah dalam menghadapi
cobaan)
  Mampu memahami
hikmah dari perilaku hormat dan patuh
  Mampu memahami
tentang sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
  Mampu menjelaskan tentang sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
  Mampu membiasakan sabar dan tabah dalam
menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah dalam kehidupan sehari-hari
  Mampu memahami hikmah sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
         Siswa mendengarkan penjelasan tentang tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah.
         Siswa melakukan tanya jawab tentang tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah.
         Siswa menjelaskan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah.
         Siswa berperilaku tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah dalam kehidupan sehari-hari.











Standar Kompetensi : 5. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi Dasat
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat
5.1    Menghindari akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
Akhlak tercela (Sa’labah)
   Mampu memahami
akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
   Mampu menjelaskan akhlak tercela melalui kisah Sa’labah
   Mampu menghindari
akhlak tercela melalui kisah Sa’labah dalam kehidupan seharihari
   Mampu memahami
hikmah kisah Sa’labah
   Siswa mendengarkan penjelasan tentang akhlak tercela melalui kisah Sa’labah.
   Siswa melakukan tanya jawab tentang akhlak tercela melalui kisah Sa’labah.
   Siswa menjelaskan akhlak tercela melalui kisah Sa’labah.
   Siswa menghindari akhlak tercela melalui kisah Sa’labah dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas individual dan tugas kelompok dengan unjuk kerja, tes lisan, serta tes tertulis
4 jam pelajaran 2× pertemuan
·  BukuMembina Akidah dan Akhlak MI Kelas IV terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
·  Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
·  Buku-buku lain
yang relevan
·  Video kisah-kisah
islami yang relevan dengan materi


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas/Semester          : IV/1 (Gasal)
Pertemuan Ke-          : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Memahami Kalimat Tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji’un)

Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
A.           Kompetensi Dasar
Mengenal Allah melalui kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)

B.            Indikator
1.    Mampu memahami pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
2.    Mampu menjelaskan pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)
3.    Mampu membiasakan ucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) pada saat yang sesuai
4.    Mampu memahami hikmah mengucapkan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)

C.           Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat memahami pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) serta menjelaskannya kembali dengan benar.
2.    Siswa dapat membiasakan ucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un).
3.    Siswa dapat memahami hikmah mengucapkan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) serta menjelaskannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

D.           Materi Pembelajaran
Kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un)

E.            Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Diskusi
4.    Demonstrasi

F.            Sumber Belajar
1.    Buku Akidah Alhalak kelas IV MI
2.    Al-Qur’an dan Terjemahnya
3.    Buku-buku lain yang relevan
4.    Video kisah-kisah Islami yang relevan dengan materi


G.           Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pembuka
·   Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah serta berdoa bersama.
·   Melakukan absensi tentang kehadiran siswa.
·   Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
·   Guru menanyakan secara sekilas kepada siswa pelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
5 menit
Inti
·   Guru memberikan penjelasan tentang pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un). Jika tersedia, guru dapat
menggunakan alat bantu video.
·   Guru memberikan contoh pengucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) yang benar.
·   Guru memberikan penjelasan perihal waktu pengucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) dan hikmahnya.
·   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
·   Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kemudian meminta untuk berdiskusi tentang pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un), waktu pengucapannya, dan hikmahnya.
·   Masing-masing kelompok mengirimkan perwakilan untuk mempraktikkan pengucapan kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un) dengan benar dan memaparkan hasil dari diskusinya.

25 menit
Penutup
·   Siswa membuat kesimpulan tentang pengertian kalimat tayibah (inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un), waktu pengucapannya, dan hikmahnya.
·   Guru meminta siswa mengerjakan soal di rumah/PR tentang materi pelajaran yang baru dipelajari.
·   Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.
5 menit

H.           Penilaian
Tes Kognitif
1.    Sebutkan waktu-waktu mengucapkan kalimat tayibah inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un !
2.    Jelaskan arti kalimat tayibah inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un !
3.    Tuislah kalimat tayibah inna lillahi wa inna ilaihi roji‘un menggunakan tulisan arab yang benar beserta artinya !

Tes Afektif
Penilaiaan ketika melakukan diskusi
No
Nama Peserta Didik
Kreteria
Kerja Sama
Keaktifan
Partisipasi
Sangat Baik
Baik
Kurang
Sangat Baik
Baik
Kurang
Sangat Baik
Baik
Kurang
1
Fara









2
Ismail









3
Nia









Dst.











Keterangan :
Sangat Baik = 3 poin
Cukup Baik   = 2 poin
Kurang          = 1 poin
Mengetahui                                                                                    Semarang, 21 September 2014
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mapel Akidah Akhlak


M. Selamet, S.Pd.I                                                            M. Fais Lathiful Anam
NIP : ...............................                                                   NIP : .................................

(0) Comments

Leave a Response